Senin, 16 Mei 2011

Budaya dalam berbagai lingkungan

Budaya dengan lingkungan rumah
Pengertian lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang memengaruhi perkembangan kehidupan manusia baik langsung maupun tidak langsung. Lingkungan bisa dibedakan menjadi lingkungan biotik dan abiotik. Unsur sosial budaya, yaitu lingkungan sosial dan budaya yang dibuat manusia yang merupakan sistem nilai, gagasan, dan keyakinan dalam perilaku sebagai makhluk sosial. Kehidupan masyarakat dapat mencapai keteraturan berkat adanya sistem nilai dan norma yang diakui dan ditaati oleh segenap anggota masyarakat. Jadi dengan adanya buadaya yang luhur dirumah, maka keadaan di lingkungan rumah pun menjadi harmonis. Tidak ada perselisihan dalam tetangga, dll.

Budaya dengan lingkungan kampus

Budaya dalam kampus sebenarnya sudah diterapkan dan diatur oleh pihak kampus dari awal bediri hingga kini yang semakin diperbaiki setara perkembangan zaman.
Kebudayaan yang bersifat religious misalnya ibadah shalat jumat bagi yang muslim dan kebaktian bagi yang nasrani.
Kebudayaan bersifat social misalnya adanya organisasi-organisasi kemahasiswaan yang ada dalam kampus.
Kebuadayaan yang positif seperti ini dapat, memperluas pandangan, memiliki dasar sebagai calon pemimpin, mampu berdialog satu sama lain.
Semakin bagus budayanya, maka semakin maju pula kampus tersebut.
Karena sebagian besar rakyat Indonesia melihat baik buruknya suatu hal itu dari kebiasaan dan budayanya.

Budaya dengan lingkungan kerja

Dalam lingkungan kerja juga sudah diterpkan tata tertib, aturan yang harus dipatuhi oleh para karyawannya. Dari hal terkecil sampai yang besar. Sehingga diharapkan jalannya kerja bias maksimal dan teratur. Budaya yang diterapkan dapat memperluas pandangan sehingga bnyak ide-ide baru untuk menyelesaikan masalah dalam dunia kerja.
Sosok pemimpin-pemimpin yang ada juga berpengaruh besar dalam perusahaan tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar