Senin, 16 Mei 2011

IT dan Kebuadayaan

Dalam tema ini akan dijabarkan bagaimana hubungan Teknik Informatika dengan kebudayaan.
Informatika merupakan salah satu cabang keilmuan yang cukup luas karena hampir mencakup dan terkait dengan berbagai hal tentang kehidupan ini, dimana kumpulan disiplin informatika ini meliputi sains maupun teknik yang secara spesifik mengolah data menjadi informasi dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi informasi atau komputer.
Sedangkan Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan turun menurun dari nenek moyang.
Setiap individu pasti menganut kebudayaan dimana dia tinggal. Termasuk adat istiadatnya.
adat istiadat disetiap suku,bangsa,Negara pasti berbeda-beda. Di indonesiapun memiliki bnyak bermacam- macam kebudayaan daerah. Kebudayaan di Bali pasti berbeda dengan kebudayaan di jawa.
Dari segi religious, social,kebiasaan,aturan sudah berbeda.
Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.
individualisme kasar di Amerika, keselarasan individu dengan alam di Jepang dan kepatuhan kolektif di Cina.
Nah untuk mewujudkan kedamaian dunia, banyak orang berusaha agar komunikasi diantara penduduk sedunia bias lancer tanpa ada batas, tentunya tetap ada rasa saling menghargai satu sama lain.
Kecanggihan teknologi informatika telah merubah keadaan dunia yang tadinya selalu hidup sendiari-sendiri, kini bias saling berkomunikasi. Salah satu contohnya adalah facebook. Nah dengan adanya facebook penduduk dunia bias saling berkomunikasi tanpa membeda-bedakan suku,ras,agama,adat istiadat bahkan perbedaan kultur Negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar